KotSelecta Batu Malanga Batu adalah salah satu daerah di Jawa Timur dengan obyek wisata yang melimpah. Kota yang dulunya bagian dari Kota Malang ini merupakan wilayah pegunungan dengan iklim yang sejuk. Siapa pun yang berniat mencari tempat liburan yang sejuk dan tenang, Kota Batu tempatnya.

Pertama kali saya ke Kota ini sekitar tahun 2008 dalam rangka tugas dari kantor. Karena jadwal yang begitu ketat, saya cuma sempat 1 malam berada di kota ini, jadinya saya hanya bisa mengunjungi Taman Kusuma Agrowisata yang berada satu lokasi dengan hotel tempat saya bermalam.

Siapa pun yang berniat mencari tempat liburan yang sejuk dan tenang, Kota Batu tempatnya

Taman ini dilengkapi sejumlah fasilitas yang menarik, seperti arena untuk outbond, kebun apel yang buahnya bisa langsung kita petik, kebun stawberry, taman bunga yang bibitnya bisa kita beli untuk dijadikan oleh-oleh serta  kebun binatang mini.

selecta1

Baru-baru ini saya berkunjung lagi ke kota Batu untuk kedua kalinya, sayangnya kunjungan saya ini lagi-lagi masih dalam urusan kantor. Tapi walaupun hanya sehari menikmati kesejukan kota ini, saya masih bisa bersyukur karena memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Taman Selecta – Salah satu tujuan wisata unggulan Kota Batu.

Taman ini terbilang luas dengan sejumlah fasilitas seperti kolam renang, tempat untuk flying fox, outbound dan yang paling menarik adalah taman bunga yang dipenuhi aneka jenis bunga dengan warna-warna yang cerah. Di tempat ini juga kita bisa menikmati sajian berbagai jenis makanan di restoran yang berada di dalam lokasi taman. Menurut pemandu saya, tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1930 dan dulunya merupakan tempat peristirahatan bagi orang-orang Belanda.

Alun-alun Kota Batu

Ketika malam hari, maka tujuan selanjutnya adalah alun-alun kota yang terletak di tengah-tengah kota Batu. Tempat ini ramai dengan muda-mudi yang sedang bersantai sambil menikmati sajian pentas seni yang sering di tampilkan di tempat ini. Di tempat ini juga kita bisa menikmati air mancur di tengah alun-alun yang begitu indah.

Tempat ini ramai dengan muda-mudi yang sedang bersantai sambil menikmati sajian pentas seni yang sering di tampilkan di tempat ini

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di kota Batu yang wajib untuk dikunjungi seperti air terjun Rondo, Batu Wonderland, Eco Green Park dll. Saya hanya bisa berharap semoga suatu saat bisa kembali lagi ke Kota nan sejuk ini dan bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut.